Selasa, 03 Mei 2011

Obama 'Nobar' Penyerangan Osama


WASHINGTON - Operasi khusus militer Amerika Serikat (AS) yang menewaskan Osama bin Laden, ditonton langsung oleh Presiden AS Barack Obama. Obama menyaksikan operasi yang berlangsung sejauh 11.265,4 kilometer tersebut lewat video.



Layaknya menonton sebuah film Hollywood, Obama dan beberapa pejabat yang menyertainya duduk tenang memonitor situasi penyerangan. Obama tiba di sebuah ruangan di Gedung Putih, setelah para pejabat lain sudah berkumpul.

Presiden ke-44 AS tersebut tidak beberapa saat penyerangan di Abbottabad, Pakistan berlangsung. 
"Kami dapat memonitor langsung jalannya operasi secara langsung lewat video," ungkap Kepala Pasukan Anti-Teror AS John Brennan seperti dikutip CNN, Selasa (3/5/2011).

Brennan mengatakan, orang nomor satu di AS tersebut menyaksikan jalannya operasi, mulai dari awal hingga baku tembak sampai pada akhirnya evakuasi jenazah. "Kami berhasil melihat laporan terbaru dan melihat perkembangan yang terjadi dari operasi tersebut," lanjut Brennan.

Pihak Gedung Putih dan Dinas Intelijen (CIA) tidak memiliki akses pada siaran video langsung tersebut. Namun mereka mampu melakukannya lewat jenis portal komunikasi yang lain. CIA 

Sebelumnya setelah Obama menyetujui operasi tersebut, Direktur CIA Leon Panetta memberikan instruksi resmi untuk menjalankan operasi. 
"Kami (CIA) berikan Presiden Obama beserta timnya informasi intelijen yang tepat mengenai tewasnya Osama bin Laden," ucap Leon Panetta.

Osama Bin Laden tewas dalam penyergapan yang dilakukan militer AS di wilayah Abbottabad, Pakistan hari Senin 2 Mei kemarin. Presiden Obama menilai kematiannya Bin Laden membuat dunia jauh lebih aman. 
(faj)


Sumber: http://international.okezone.com/read/2011/05/03/414/452646/obama-tonton-penyerangan-osama-secara-live

Tidak ada komentar:

Posting Komentar